Tugas 1 Rekayasa Kebutuhan


Nama      : Pramudya Tiandana Wisnu Gautama

NRP        : 05111940000018

Kelas       : RK-B

Soal

  1. Deskripsikan aplikasi Sistem Parkir Non Tunai
  2. Identifikasi User dan Stakeholder
  3. Tulis/gambarkan kebutuhan dari masing-masing user/stakeholder
  4. Tentukan aspek lain yang penting supaya aplikasi berjalan lancar
Jawaban
1. Sistem Parkir Non Tunai adalah perangkat internet of things yang dikembangkan oleh Liquid Parking Technology untuk membantu pihak yang membutuhkan sistem terintegrasi dari pengaturan tiket dan pembayaran parkir secara cepat dan instan, seperti pihak pemilik mall dan perkantoran. Perangkat IoT ini menggunakan sistem kertas untuk pencatatan data parkir awal dan akan terbaca di akhir yang selanjutnya memudahkan untuk dilakukannya pembayaran. Pengguna perangkat ini akan dimudahkan untuk melakukan pembayaran karena dilakukan secara cepat menggunakan kartu kredit atau QRIS sebagai payment gateway standar di Indonesia.

Kemampuan perangkat ini terbatas pada awal masuk ke area parkir dan saat akan keluar dari area parkir. Pengguna akan diarahkan untuk menekan tombol untuk mengambil kertas saat akan memasuki area parkir. Setelah pengguna mendapatkan bon parkir, palang parkir akan membuka dan pengguna dapat memasuki area parkiran.

Tidak hanya itu, setelah pengguna selesai melakukan kegiatan di dalam gedung dan ingin keluar, pengguna tinggal menuju ke jalan keluar dan menempelkan kertas bon parkir ke palang parkir agar pengguna diarahkan ke mode pembayaran. Di mode pembayaran, pengguna dapat memilih untuk membayar melalui kartu kredit atau QRIS. Jika pengguna memilih kartu kredit, pengguna tinggal menempelkan kartunya ke dekat layar. Jika pengguna memilih QRIS, pengguna tinggal melakukan scan kode QR dengan aplikasi payment yang dimilikinya. Setelah selesai membayar, palang pintu akan terbuka dan pengguna dapat keluar dari area parkir.

2. Pihak yang terlibat adalah berikut.
  • User: masyarakat, admin
  • Stakeholder: pemilik perkantoran
3. Kebutuhan masing-masing user dan stakeholder adalah berikut.
  • Masyarakat:
    • Memasuki area parkiran
    • Memastikan keamanan tempat parkir
    • Mengecek apakah tempat parkir sudah maksimal
    • Menggunakan gerbang parkir secara cepat
    • Melakukan pembayaran dengan mudah dan instan
  • Admin:
    • Mengelola pendataan parkiran
    • Memastikan jumlah parkiran memadai dan menandai jika penuh
    • Membuat pelaporan pendapatan parkir
    • Mengelola statistik keseluruhan parkir
  • Pemilik Perkantoran:
    • Mendapatkan laporan khusus parkiran
    • Mendapatkan statistik untuk pengembangan bisnis gedung ke depannya
4. Aspek lain yang penting adalah:
  • Jaringan internet
  • Lokasi parkir yang eksklusif
  • Kamera CCTV
  • Sumber daya bon kertas yang cukup
  • Koneksi listrik
  • Database dan server pusat 

Komentar