Tugas 3 Rekayasa Kebutuhan

Nama       : Pramudya Tiandana Wisnu Gautama

NRP         : 05111940000018

Kelas       : RK-B

Input dan Output Sistem Dokumen Desa Linggajaya

Pada kesempatan ini, saya akan membahas input dan output dalam studi kasus "Sistem Dokumen Desa Linggajaya" dalam bentuk Spesifikasi Kebutuhan dan Rancangan Perangkat Lunak. Perangkat lunak ini bertujuan untuk memudahkan pihak desa dalam hal melayani warga dalam hal pelayanan dokumen, memverifikasi dokumen dan pengiriman dokumen jika diperlukan.




Softcopy dari dokumen SKPL tersebut tersedia berikut.


Input

Existing System Information

Dalam studi kasus "Sistem Dokumen Desa Linggajaya", sistem informasi ini dikembangkan dengan tujuan untuk membantu warga dalam mengajukan pelayanan pembuatan dokumen, seperti kartu keluarga, KTP, legalisir dokumen, surat pindah, dan lain-lain kepada pemerintah desa serta mengetahui status pelayanan yang diajukan dan melakukan pembayaran proses dokumen. Di samping itu, diharapkan pula pihak desa dapat mengetahui warga yang mengajukan dokumen, melakukan proses verifikasi, serta mendapatkan laporan jika layanan telah selesai.

Stakeholder Needs

Pihak yang terlibat dalam kasus ini terbagi menjadi dua, yakni:
1. Pihak Desa
  • Mengelola data warga
  • Memantau status proses dokumen
  • Mengelola data pelayanan dokumen
  • Memantau laporan pengajuan dokumen
  • Memantau laporan registrasi, pembayaran, dan pengambilan
2. Warga
  • Melakukan pengajuan pelayanan dokumen
  • Melakukukan upload dan download file scan dokumen
  • Mengelola bukti pembayaran dan permohonan
  • Memantau status pelayanan yang diajukan
  • Melakukan pembayaran pelayanan

Organizational Standards

Standar yang ditetapkan di dalam pengembangan aplikasi sistem informasi ini adalah sebagai berikut.
  • Portability, sistem informasi dapat diakses oleh siapa saja, di mana saja, dan kapan pun
  • Security, sistem informasi menjamin kerahasiaan data yang hanya dapat diakses oleh warga yang menginputkan data serta admin
  • Reliability, sistem informasi dapat digunakan dalam 24 jam sehari selama seminggu

Regulations

Regulasi yang diterapkan di dalam pengembangan aplikasi sistem informasi ini adalah sebagai berikut.
  1. Data warga harus tersimpan dan tidak dapat sembarang diakses pihak luar
  2. Seluruh data pembayaran harus benar-benar terpisah dan dipastikan kenihilan dalam kemungkinan penipuan di dalamnya
  3. Pengajuan penggantian data harus dilakukan hanya dan melalui admin, dengan sepengetahuan warga
  4. Sistem hanya dapat diakses oleh pihak-pihak dalam warga Desa Linggajaya

Domain Information

Sistem informasi ini membutuhkan sambungan akses internet pada perangkat dan dapat diakses melalui web browser.

Output

Agreed Requirements

Requirement yang dapat ditetapkan adalah berikut.
  • Sistem dapat melakukan proses pengajuan dokumen
  • Sistem dapat melakukan proses pembayaran pengiriman dokumen
  • Sistem dapat melakukan pemantauan dan update status pengajuan

System Specifications

Spesifikasi sistem yang diperlukan untuk menjalankan aplikasi ini adalah.
  • Sistem Operasi: Windows, Linux, Mac, Android, dan iOS
  • Browser: Microsoft Edge, Mozilla Firefox, dan Google Chrome, serta browser lainnya

Terima kasih.

Komentar